Pages

Minggu, Februari 01, 2009

Bedah Buku


Sabtu kemarin akhir Januari 2009 setelah menghadiri pernikahaan anaknya Pak Sis di IBS aku, mba rum, rina dan wiwin beramai-ramai menghadiri Kompas Gramedia Book Fair di Istora Senayan. Rencananya aku dan rina ingin memborong buku. Tetapi Karena budget terbatas harus pinter-pinter milih-milih buku yang akan di beli. Awalnya pengen beli buku “New Moon” tetapi ternyata buku tsb novel untuk remaja wah ga jadi deh. Rasanya ga cocok nih dengan umur hehe..But don’t worry aku masih bisa baca buku tsb karena rina membeli 4 buku twilight tersebut.

Setelah pilah pilih akhirnya aku jatuhkan pilihan dengan membeli buku 9 Matahari karangan Adenita dan Buku The Wednesday Letter karya dari Jason F. Wight yang merupakan New York Times Best Seller.

Buku ini sampulnya sangat menarik, dengan model seperti amplop berwarna merah dan tintanya berwarna emas. Dan saat membuka plastic bukunya aku surprise banget ternyata di halaman belakang ada amplop kecil yang didalamnya ada surat. Wah idenya saat kreatif dan romantis sekali.

The Wednesday Letter bercerita tentang pasangan suami istri Jack dan Laurel Cooper pemilik usaha penginapan yang memiliki 3 orang anak yaitu Matthew, Malcolm dan Samantha. Sejak awal pernikahan mereka, Jack berjanji kepada laurel akan menuliskan sebuah surat setiap hari rabu. Surat tersebut akhirnya membuka rahasia keluarga yang lama sudah mereka simpan.

Cerita di mulai pada suatu malam tiba-tiba Laurel terkena serangan jantung dan Jack yang menderita penyakit kanker otak tidak mampu menolong laurel. Akhirnya pasangan suami istri cooper meninggal bersama-sama tanpa diketahui oleh siapa pun. Akhirnya mereka ditemukan oleh Anna Belle pelanggan setia penginapan mereka.

Ketiga anak cooper tesebut ; Matthew yang tinggal diluar kota , Malcolm yang kabur dari rumah ke Brazil selama 2 tahun dan Samatha yang tinggal disekitar penginapan bekumpul kembali untuk mengadakan acara pemakaman orang tua mereka. Anna belle ,pelanggan setia penginapan orang tua mereka tanpa sengaja menemukan ribuan surat di yang ditulis oleh Jack untuk Laurel.

Dari surat yang ditemukan tersebut, dapat digambarkan bahwa Jack sangat mencintai istri dan anak-anaknya. Betapa ia ingin menjadi ayah yang baik, di saat samantha kabur dari rumah karena ingin menjadi artis, tanpa diketahui samantha, jack mengikutinya selama beberapa hari, dan Jack menyuap sutradara agar samatha diberikan beberapa adegan.

Tetapi yang paling mengejutkan adalah surat yang dituliskan oleh Jack yang menceritakan bahwa Laurel telah berselingkuh sehingga melahirkan Malcolm. Malcolm sangat terpukul dia tidak percaya ibu yang sangat dicintainya berselingkuh. Dunia seakan hancur. Dia merasa bahwa dia adalah anak haram. Dia berbeda dengan Matthew dan Samantha.


Malcolm semakin penasaran siapakah ayahnya sebenarnya?? Dia mencari-cari jawaban dari surat-surat yang ditulis oleh ayahnya. Dari surat tersebut dia menemukan jawaban bahwa sebenarnya ibunya telah diperkosa oleh seorang pemabuk disaat ibunya ditinggal pergi oleh ayahnya untuk menghadiri reuni di luar kota.

Tetapi Laurel tidak menceritakan semua yang dialaminya karena Jack jiwanya sangat emosional. Dia takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehinga Laurel menyimpan semua dukanya sendiri dan sesekali Laurel membaginya dengan Adiknya Allyson. Tetapi Laurel berjanji suatu saat akan membuka semua rahasianya ke Jack Dan itu dilakukannya saat Malcolm berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar berjalan. Jack sangat terpukul dan memutuskan pulang ke rumah ibunya untuk menenangkan diri.

Pelajaran moral dari buku ini adalah sikap Laurel yang memaafkan pelaku yang telah memperkosanya dan mengangap bahwa Malcolm adalah hadiah terindah yang diberikan tuhan kepadanya. Dan dia percaya dibalik musibah yang dialaminya ada rencana tuhan yang indah buat dirinya. Hal inilah yang menguatkan Jack yang belum siap menerima kenyataan tersebut. Dan adapun yang terjadi dia menganggap bahwa Malcolm adalah anak kandungnya.Dan di pengadilan Jack memaafkan pemerkosa istrinya karena dia menyadari bahwa orang tersebut harus diberikan kesempatan untuk bertobat dan menjadi orang baik.. Dan yang lebih hebatnya lagi Jack memberikan pekerjaan kepada orang tersebut. Sungguh tindakan yang sangat mulia. Di saat orang lain telah membuat kesalahan terbesar, tetapi Jack mampu memaafkannya dan memberikan kesempatan kepada orang tersebut untuk memperbaiki diri untuk menjadi orang yang lebih baik.

Karena Jack menyadiri bahwa dia juga tidak sempurna yang mungkin suatu saat pernah berbuat salah Dan Jack akan merasa sangat bahagia apabila dia diberikan maaf dan diberi kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.


Sungguh buku yang sangat menginspirasi ku…

Memberikan maaf sebelum orang lain meminta maaf
Membalas kejahatan yang dilakukan orang lain kepada kita dengan
kebaikan
Dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi orang yang lebih baik
Menuliskan surat untuk seseorang yang kita sayangi setiap minggu it’s very romantic

dks
@ My Bedroom
1 February 2009

Happy Birthday My Old Brother
Semoga menjadi Good Father ya..

0 komentar:

 

(c)2009 Din@-Blog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger