Pages

Selasa, Januari 17, 2012

Siapkan bekalmu untuk akhiratmu


Pertengahan bulan Januari 2012 sudah terlewati. Waktu begitu sangat kencang berlari. Sehari itu terasa amat cepat sekali. Pagi dimulai dgn matahari bersinar, ga terasa siang menjelang, lalu sang matahari pamit di sore hari menuju peraduannya.
Dan begitu seterusnya setiap hari.

Perjalanan waktu diawal Januari 2012 ini aku mencoba melakukan review goal yang telah aku buat sebelumnya. Kesannya emang terlalu dini menilai goal dalam waktu 15 hari. Tapi kalau tidak direview maka goal goal tersebut akan menguap begitu saja apabila tidak diarahkan dan dicontrol sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Mungkin goal goal yang aku susun selama ini gagal karena aku tidak commit dan konsisten. Penyebab tidak commit tersebut bisa disebabkan karena kesibukan, kemalasan, tidak adanya ide untuk menulis, kurang kuatnya passion untuk mencapai goal, dll.

Nah untuk menghadapi problem-problem diatas maka sepertinya aku harus menyusun suatu strategi. Or kerennya Management Strategik. Bagaimana merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi semua goal tersebut. Kok jadi ribet begini yah untuk mewujudkan goal? Haha..emang akan terlihat rumit tapi tujuanku melibatkan ilmu Manajemen Strategik karena aku sudah belajar ilmu tersebut, nah sekarang waktunya untuk diterapkan. 

Apa sih itu ilmu Management Strategik?
Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.
Intinya adalah bagaimana strategi perusahaan untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sekarang kita ganti perusahaan menjadi pribadi.
Nah khusus buatku aku namakan Management Strategik Dunia Akhirat. Dari goal tersebut harus disusun kebijakan, maka aku akan membuat kebijakan mingguan. Dan kebijakan ini harus dituliskan ditempat tempat yang terbaca. Sehingga secara tidak sadar aku selalu akan diingatkan.
Jangan lupa tujuan itu harus diberikan time limit agar kita tak terlena. Sesuai dengan firman Allah : Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang selalu ingat dan mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran.

Setelah itu kebijakan tersebut harus di ACT, jadi ga ada gunanya kalau tidak ada ACTION, jangan jadi NATO. Not Action Talk Only.

Strategi terakhir  ACTION tsb di CONTROL apakah sudah sesuai dengan target atau tidak. Apabila sudah on the track maka jangan pelit untuk memberikan reward untuk diri sendiri dan jangan ragu juga untuk memberikan punishment..wow jadi takut haha..
Tulisan kali ini emang terasa agak berat dan sok serius. Tapi inilah moment rencana yang digunakan sebagai tabungan dan bekal untuk hidup diakhirat nanti. Agar jangan terlena dengan kesibukan dunia dan menyesal saat ajal menjemput nanti.

Siapkan bekalmu untuk akhiratmu.

0 komentar:

 

(c)2009 Din@-Blog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger